Selasa, 27 Januari 2015

Trend Bahasa Pemrograman Masa Depan



Era 2016-kedepan  Smart Device Programming (home Programming)

Trend ini overlap dengan trend sebelumnya, trend SMart Device Programming adalah era dimana kita tidak lagi memprogram komputer, web atau Mobile device, namun kita bisa membuat program untuk TV, Mesin cuci, kipas angin, pengontrol lampu, memprogram Mobil dan sebagainya.
Bayangkan, di era ini para futurologi (orang orang yang memprediksi masa depan), itu memprediksi kulkas cerdas dimana ketika misal buah tinggal sedikit di Lemari es, maka secara otomatis kulkas tersebut akan langsung pesan ke toko dan dari toko langsung diantar kerumah, pembayarannya sendiri secara otomatis akan memotong debit dibank atau menggunakan kartu kredit,contoh yang lain, toilet cerdas, ketika BAB. feses akan langsung dianalisa oleh toilet dan hasil analisa, toilet langsung merekomendasikan ke Kulkas  dan perangkat dapur untuk membeli makanan yang sesuai dan jika si toilet menemukan penyakit, maka data langsung di kirim ke dokter pribadi dan ‘robot’ akan mengirimkan obat yang cocok,yang akan memprogram kulkas ,toilet, rumah, kamera, lampu dan berbagai perangkat besok, jadi mulailah belajar embeded sistem, Arduino atau Android@home.

Era 2020- beyond  – Robot 
 

Era robot yang benar benar robot akan dimulai populer di era ini, nantinya akan ada robot yang membukakan pintu di hotel, menyelam kedalam laut yang dalam, atau melakuka tugas berbahaya seperti menjinakan bom.
era ini bukan model robot yang di kendalikan remote, atau robot kaku alias robot gedeg sekelas asimo, tapi robot yang bisa diprogram untuk masak, menjadi tentara atau robot yang menjadi body guard. Kemungkinan robot robot ini sudah bisa menerima perintah dengan bahasa manusia seperti siri. Sepertinya Bahasa pemrograman generasi kelima akan hadir di era ini dan tentunya era robot yang real baru dimulai di era ini.

Era 2030-beyond – Bio Programming & Nanobot
 
Era ini merupakan era Bio Programming yang sebenarnya di era sekarang aja sudah ada, namun baru tahap penelitan.
Bio programming adalah memprogram mahluk hidup, biasanya bakteri, tekniknya kita memasang DNA tertentu yang mempunyai tugas tertentu (misal melawan kanker) dan nanti bakteri itulah yang akan mengeksekusi “fungsi” yang telah kita buat.
Sedangkan Nanobot adalah teknologi robot dalam ukuran mikro, seukuran sel darah merah, tugas nanobot ditugaskan untuk masuk kedalam tubuh manusia dan menghancurkan zat atau penyakit berbahaya, atau memperbaiki sel yang rusak, tugas lain, bisa digunakan untuk perang seperti di G.I Joe, nanobot yang ditugaskan untuk memakan besi dan sejenisnya.

Sumber : http://www.candra.web.id/2012/02/28/trend-pemrograman-dari-masa-ke-masa/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar