Selasa, 27 Januari 2015

TOKOH-TOKOH IT di DUNIA



TOKOH-TOKOH IT
1.       PENGEMBANG KERNEL LINUX
Linus Benedict Torvalds (lahir di Helsinki, Finlandia, 28 Desember 1969; umur 41 tahun) adalah rekayasawan perangkat lunak Finlandia yang dikenal sebagai perintis pengembangan Kernel Linux. Ia sekarang bertindak sebagai koordinator proyek tersebut.Linux terinsipirasi oleh Minix (suatu sistem operasi yang dikembangkan oleh Andrew S. Tanenbaum) untuk mengembangkan suatu sistem operasi mirip-Unix (Unix-like) yang dapat dijalankan pada suatu PC. Linux sekarang dapat dijalankan pada berbagai arsitektur lain.Ketika Linus Torvalds, seorang mahasiswa Finlandia pendiam membagi-bagikan kode sumber (source code) kernel Linux seukuran disket via internet di tahun 1991, ia sama sekali tidak menduga bahwa apa yang dimulainya melahirkan sebuah bisnis bernilai milyaran dolar di kemudian hari.

2.       THE LEGEND HACKER
Kevin Mitnick boleh jadi idola para hacker sehingga dijuluki “The Legend Hacker “, “The Most Wanted Hacker” atau “The Super Hacker” atau “The World Most Famous Hacker”,  Dialah Kevin Mitnick lahir 6 Agustus 1963; umur 46 tahun) adalah seorang konsultan dan pembuat keamanan komputer. Dia adalah salah satu hacker komputer yang paling kontroversial di akhir abad ke-20, yang merupakan kriminal komputer yang paling dicari di Amerika.
3.       PASCAL
Niklaus Wirth adalah tokoh IT di bidang bahasa pemrograman dan rekayasa perangkat lunak. Beliau adalah ilmuwan komputer berasal dari Swiss. Niklaus Wirth  sangat terkenal sebagai perancang bahasa pemrograman,terutama bahasa Pascal. Beliau juga terkenal sebagai perintis beberapa topik klasik dibidang rekayasa perangkat lunak. Pada tahun 1984 Wirth memenangkan Turing Award untuk pengembangan bahasa komputer inovatif.

4.       BAPAK ALJABAR DAN ALGORITMA
Al Khawarizmi memiliki nama lengkap Muḥammad bin Mūsā Al Khawārizmī (Arab: محمد بن موسى الخوارزمي). Beliau seorang ahli matematika, astronomi, astrologi, dan geografi yang berasal dari Persia. Lahir sekitar tahun 780 di Khwārizm (sekarang Khiva, Uzbekistan) dan wafat sekitar tahun 850. Hampir sepanjang hidupnya, ia bekerja sebagai dosen di Sekolah Kehormatan di Baghdad.






5.       YAHOO
Jerry Yang boleh dibiliang sebagai salah satu tokoh yang paling berpengaruh dalam perkembangan Internet.Jerry Yang lahir di Taiwan pada tahun 1968. Ayahnya meninggal ketika ia masih balita.  Ibunya adalah  seorang Profesor Bidang bahasa Inggris, mereka pindah ke Amerika Serikat pada tahun 1978. Ketika mereka tiba di Amerika, satu-satunya kata bahasa Ingiris yang diketahui oleh Yang dan adiknya adalah “Shoe” (sepatu).  Keluarga ini akhirnya menetap di San Jose.
6.      MOUSE KOMPUTER
Douglas Engelbart pertama kali memperkenalkan mouse komputer pada tahun 1963 namun banyak juga yang mengatakan bahwa mouse sudah ditemukan ketika tahun 1957. Douglas merupakan seorang peneliti yang berasal dari Stanford Research institute. Lantas mengapa dinamakan 'mouse' komputer?? itu dikarenakan ketika pertama kali menemukan mouse komputer, kabelnya sangat mirip dengan buntut atau ekor tikus yang panjang dan juga kecil, selain itu juga bentuknya juga menyerupai hewan pengerat tikus. Pada awalnya, laboratorium khusus bernama Augmentation Research Center (ARC) didirikan oleh Douglas Engelbart di tempat penelitiannya Stanford Research institute. Ide mengenai mouse komputer pertama kali muncul di otak Douglas saat ia hadir dalam konferensi Komputer Grafis. Saat itu kursor yang ada di layar komputer dianggap sebagai 'bug' sehingga bagaimana bisa 'bug' tersebut bisa dimanfaatkan.
7.      WHATSAPP
Percaya atau tidak perjuangan yang berat harus dilalui oleh Penemu Aplikasi WhatsApp yaitu Jan Koum dimana pada saat sebelum ia menjadi milyarder ia merupakan seorang gelandangan namun namanya melesat menjadi milyarder baru ketika aplikasi buatannya yang bernama Whatsapp dibeli oleh facebook dengan harga yang sangat fenomenal yaitu 16 Milyar dollar AS. Ia hidup serba susah dengan hanya mengandalkan subsidi dan jatah makan yang ia terima dari pemerintah setempat bersama warga Amerika lainnya yang sama dengannya tiap hari ia harus mengantri untuk mendapatkan jatahn makan gratis, tempat tidurnya terkadang beralaskan tanah dan beratapkan langit bukan di apartemen seperti orang Amerika kebanyakan, hal tersebut sudah merupakan hal yang biasa dilalui oleh Jan Koum.
Sumber            :           https://fairuzelsaid.wordpress.com/category/tokoh/tokoh-it/
http://penemu-terkenal.blogspot.com/2014/03/penemu-aplikasi-whatsapp-jan-koum.html
                       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar