Sabtu, 03 Januari 2015

Track dan Sector


Hard disk atau bisa disebut juga hard drive, fixed disk, HDD, atau cukup hard disk saja, adalah media yang digunakan untuk menyimpan file sistem dan data dalam komputer. Hard disk terdiri atas tiga bagian utama, yaitu:
  1. Piringan magnetik,
  2. Bagian mekanis,
  3. Head untuk membaca data
Piringan tersebut digunakan untuk menyimpan data, sedangkan bagian mekanis bertugas memutar piringan tersebut.
Piringan magnetik disk terdiri dari track dan sector. Track adalah bagian dari disk yang membentuk lingkaran konsentris. Sedangkan Sector adalah bagian dari track. Track dan sector ini dibentuk oleh komputer pada saat kita melakukan proses format. 1 (satu) sector = 512 byte. 1 (satu) byte = 8 (delapan) bit. Delapan bit (1 byte) = 1 (satu) karakter/huruf.
Jadi 1 sector bisa menampung 512 karakter. Sector-sector tersebut kemudian dikelompokkan ke dalam cluster. Cluster adalah lokasi atau satuan terkecil yang dibutuhkan oleh suatu file. 1 (satu) cluster terdiri dari 2 sector. Jadi 1 cluster = 512 byte (1 sector) x 2 = 1024 byte (1 kilobyte atau biasa disingkat 1 KB). Pada saat kita melihat ukuran suatu file, misalkan sebesar 2 KB, kita tahu persis berapa sector file itu menempati ruang disk. 2 KB = 2 cluster. 2 cluster = 4 sector. Jadi file sebesar 2 KB menempati 4 sector dalam disk. (
http://keygenz.wordpress.com/)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar